Selasa, 02 November 2010

Tugas 5

1. Sebutkan perbedaan dari manajemen dan organisasi ?

Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Organisasi

Pengertian organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

2. Mengapa Manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita ? Jelaskan!

Manajemen sangat dibutuhkan karena untuk memperoleh gambaran yang jelas apa yang akan dikerjakan perusahaan dan yang 13 sebenarnya hendak dicapai. Pada dasarnya manajemen itu penting, karena disebabkan oleh beberapa hal antara lain (Malayu S P Hasibuan, 2004: 3):
a) Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri, sehingga diperlukan pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab penyelesaiannya.
b) Perusahaan akan dapat berhasil baik, jika manajemen diterapkan
dengan baik.
c) Manajemen yang baik akan meningkatkan daya guna dan hasil
guna semua potensi yang dimiliki.
d) Manajemen yang baik akan mengurangi pemborosanpemborosan.
e) Manajemen menetapkan tujuan dan usaha untuk mewujudkan
dengan memanfaatkan 6M dalam proses manajemen tersebut.
f) Manajemen perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan.
g) Manajemen mengakibatkan pencapaian tujuan secara teratur.
h) Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.
i) Manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap kerja sama
sekelompok orang.

Manajemen merupakan hal yang penting untuk mendirikan suatu perusahaan atau organisasi baik swasta maupun pemerintah, karena tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit

3. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efisien dan manajer yang efektif ?

Seorang manajer efesien adalah seseorang yang mencapai keluaran yang lebih tinggi (hasil, produktivitas, performance) dibanding masukan-masukan (tenaga kerja, bahan, mesin, uang dan waktu) yang digunakan. Dengan kata lain, manajer yang dapat meminimumkan biaya penggunaan sumber daya-sumber daya untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan disebut manajer yang efesien. Atau sebaliknya, manajer disebut efisien bila dapat memaksimumkan keluaran dengan jumlah masukan yang terbatas.

4. Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi itu dan mengapa prinsip tersebut diperlukan ?

Prinsip Koordinasi adalah organisasi harus memungkinkan koordinasi yang baik dari tiap fungsi agar dicapai efisiensi uyang maksimal, Karena adanya pembagian tugas/kerja dalam organisasi maka individu-individu atau kelompok-kelompok dalam organisasi merupakan bagian dari organisasi yang masing-masing mempunyai fungsi dan tujuan sendiri - sendiri oleh karena itu diperlukannya Prinsip Organisasi dan harus diarahkan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu ?

Faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi dalam diri saya adalah adanya suatu tujuan hidup yang sangat saya inginkan di dalam diri saya yaitu menjadi orang yang taat kepada Tuhan dan orang yang di hormati oleh orang - orang baik keluarga , teman maupun masyarakat.

Manajemen sangat dibutuhkan karena untuk memperoleh
gambaran yang jelas apa yang akan dikerjakan perusahaan dan yang
13
sebenarnya hendak dicapai. Pada dasarnya manajemen itu penting,
karena disebabkan oleh beberapa hal antara lain (Malayu S P
Hasibuan, 2004: 3):
a) Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri, sehingga
diperlukan pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar