Kamis, 02 Februari 2012

Memaksimalisasi Laba ( Profit Maximization)

Keuntungan perusahaan monopoli untuk memaksimalkan tingkat output ditemukan dengan menyamakan pendapatan marjinal dengan biaya marjinal tersebut, yang merupakan kondisi keuntungan maksimal yang sama bahwa perusahaan kompetitif sempurna digunakan untuk menentukan tingkat keseimbangannya output. Memang, kondisi bahwa pendapatan marjinal biaya marjinal yang sama digunakan untuk menentukan tingkat keuntungan memaksimalkan output dari setiap perusahaan, terlepas dari struktur pasar di mana perusahaan ini beroperasi.

Untuk menentukan tingkat keuntungan maksimal output, perusahaan monopoli harus melengkapi informasinya tentang permintaan pasar dan harga dengan menggunakan data mengenai biaya produksinya untuk berbagai tingkat output. Sebagai contoh biaya yang monopolis mungkin dihadapi, lihat data pada Tabel 1.
-Dua kolom pertama dari Tabel 1 merupakan skedul permintaan pasar yang dihadapi perusahaan monopoli. Saat harga turun, permintaan pasar meningkat.
-Kolom ketiga melaporkan total pendapatan yang monopolis menerima dari setiap tingkat output yang berbeda.
-Kolom keempat melaporkan pendapatan marjinal monopolis itu hanya perubahan dalam pendapatan total per 1 unit perubahan output.
-Kolom kelima melaporkan total biaya perusahaan monopoli penyediaan 0 sampai 5 unit output. -Kolom keenam dan ketujuh melaporkan biaya rata-rata perusahaan monopoli total dan biaya marginal per unit output.
-Kolom kedelapan melaporkan laba monopolis, yang merupakan perbedaan antara penerimaan total dan biaya total pada setiap tingkat output.

TABEL 1



Monopolis
akan memilih untuk memproduksi 3 unit output karena pendapatan marjinal yang diterima dari unit ketiga output, $ 4, sama dengan biaya marjinal memproduksi unit ketiga output, $ 4. monopolis akan mendapatkan $ 12 dalam keuntungan dari memproduksi 3 unit output, maksimum mungkin terjadi.

Ilustrasi grafis maksimisasi keuntungan monopoli.

Gambar 1 menggambarkan cara mendapatkan profit maksimal dengan menggunakan data yang diberikan pada Tabel 1. Perhatikan bahwa kurva permintaan pasar, yang merupakan harga monopolis dapat mengharapkan untuk menerima pada setiap tingkat output, terletak di atas kurva penerimaan marjinal.



Hasil pencarian harga monopolis adalah dengan harga $ 8 per unit. Hal ini harga keseimbangan ditentukan dengan mencari tingkat keuntungan maksimal output-dimana pendapatan marjinal sama dengan biaya marjinal (butir c)-dan kemudian melihat pada kurva permintaan untuk menemukan harga di mana keuntungan maksimal tingkat output akan diminta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar